Sunday, February 9, 2014

BERAT SEGELAS AIR

Kadang-kadang kita merasa beban hidup kita terasa sangat berat. Namun sebenarnya seberapa beratkah beban itu? Mungkin cerita bagus di bawah ini bisa menjawabnya...
------------------------------------------------------------------------

Pada saat memberikan kuliah tentang
Manajemen Stress, Stephen Covey
mengangkat segelas air dan bertanya
kepada para siswanya:
"Seberapa berat menurut anda kira-
kira segelas air ini?"
Para siswa menjawab mulai dari 200 gr sampai 500 gr.
"Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama
anda memegangnya," kata
Covey.
"Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya
memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan jika saya
memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin anda harus memanggilkan
ambulans untuk saya.
Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka
bebannya akan semakin berat."

"Jika kita membawa beban kita terus
menerus, lambat laun kita tidak akan
mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya," lanjut Covey.

"Apa yang harus kita lakukan adalah
meletakkan gelas tersebut, istirahat
sejenak sebelum mengangkatnya lagi.

Kita harus meninggalkan beban kita secara periodic, agar kita dapat lebih
segar dan mampu membawanya lagi. Jadi sebelum pulang ke rumah dari
pekerjaan sore ini, tinggalkan
beban tersebut."

"Bukan beban hidup berat yang membuat kita Stress, tetapi lamanya kita
memikul beban tersebut."
 ----------------------------------------------------------------

Kalau Anda menyukai cerita bagus di atas, mungkin Anda akan menyukai juga cerita berikut ini: Truk Sampah

No comments:

Post a Comment

Hi, Anda dipersilahkan menulis komentar, mmengusulkan perbaikan atau koreksi, atau merekomendasikan tulisan di blog ini kepada siapa saja. Hanya saja, tolong jangan menulis hal-hal yang berbau SARA atau yang dapat menyinggung perasaan orang lain, kelompok atau golongan tertentu.